FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB EKSPLOITASI SECARA EKONOMI TERHADAP ANAK JALANAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN ANAK (Studi di Kota Malang)

Authors

  • Syarifah Qurrata Ayyun Kusumaningsih Rukhsal Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Abstract

Eksploitasi secara ekonomi terhadap anak jalanan merupakan suatu tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh seseorang dengan cara memanfaatkan waktu dan tenaga anak untuk memperoleh keuntungan secara materiil. Dalam artikel ini membahas tentang faktor-faktor penyebab terjadinya eksploitasi secara ekonomi terhadap anak jalanan di kota Malang serta upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Malang dalam mengantisipasi dan menangani eksploitasi secara ekonomi terhadap anak jalanan di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan pendekatan penelitian yuridis kriminologis. Lokasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kota Malang khususnya di Dinas Sosial Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, faktor-faktor penyebab terjadinya eksploitasi secara ekonomi terhadap anak jalanan adalah faktor ekonomi dan faktor lingkungan. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Malang dalam mengantisipasi dan menangani eksploitasi secara ekonomi terhadap anak jalanan meliputi upaya preventif, upaya represif dan upaya rehabilitasi.

Kata Kunci: Eksploitasi Secara Ekonomi, Anak Jalanan.

Downloads

Published

2015-04-02

How to Cite

Rukhsal, S. Q. A. K. (2015). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB EKSPLOITASI SECARA EKONOMI TERHADAP ANAK JALANAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN ANAK (Studi di Kota Malang). Brawijaya Law Student Journal, (1). Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/989

Issue

Section

Articles