KEABSAHAN TRANSAKSI LOOT BOX GAME ONLINE SEBAGAI OBJEK DALAM KEGIATAN BISNIS JUAL BELI ONLINE

Authors

  • Indra Kurnia Okta Pradana

Abstract

Indra Kurnia Okta Pradana, Reka Dewantara, Diah Pawestri Maharani

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No. 169 Malang

e-mail: 5tark.indr@gmail.com

 

ABSTRAK

Loot Box yang merupakan suatu aset dalam bidang game online merupakan sesuatu yang mempunyai nilai ekonomi karena dapat diperjual belikan, namun memuat suatu unsur ketidakpastian karena Loot Box tersebut berisi beberapa jenis barang atau item yang cara memperolehnya adalah dengan pengundian secara acak. Adanya suatu kekaburan hukum dalam praktik jual beli online dengan objek berupa Loot Box dikarenakan tidak ada peraturan mana pun yang menyebut Loot Box atau Aset Virtual secara jelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Legal Research atau Yuridis Normatif, yakni penelitian yang difokuskan untuk mengkaji kaidah-kaidah atau norma dalam hukum positif. Penggunaan jenis penelitian dalam penelitian ini dapat dilihat dari adanya analisis permasalahan yang ada pada norma terkait dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal ini, permasalahan pada norma yang timbul akan dikaji menggunakan landasan berupa KUHPerdata, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 jo Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa Loot Box termasuk dalam objek perjanjian karena memenuhi unsur benda tidak berwujud serta bukanlah termasuk ke dalam suatu objek perjudian dikarenakan tidak memenuhi unsur perjudian secara sempurna. Hal ini berarti bahwa kepemilikan dan juga praktik jual beli yang mengandung Loot Box sebagai objeknya di Indonesia adalah sah menurut Undang-undang.

Kata Kunci : Loot Box, Game Online, Objek, Jual Beli

 

ABSTRACT

A loot box can be considered an asset in an online game since it has an economic value and can be traded. However, this also carries uncertainty since the object consists of several items randomly gained from sweepstakes. The vagueness of law in this online sale and purchase practice with the loot box as the object departs from the absence of regulatory provisions that regulate Loot Box as a virtual asset. This legal research employed normative-juridical methods that focus more on the study of principles or norms within the purview of positive law. This research also performed an analysis of the issue of the norm regarding the current law. The research problems were analyzed based on the bases sourced from the Civil Code, Law Number 19 of 2016 in conjunction with Law Number 11 of 2008 concerning Electronic Information and Transactions, and Law Number 7 of 2014 concerning Trade. This research shows that Loot Box can be categorized into a contract since it meets the criterion as an intangible object, and this is not classified as a gambling object because it does not have the whole gambling aspects to be considered. That is, the ownership of the Loot Box and the practices regarding this object are considered legal according to the law in Indonesia.

Keywords: loot box, online game, object, sale and purchase 

Published

2022-08-09

How to Cite

Pradana, I. K. O. (2022). KEABSAHAN TRANSAKSI LOOT BOX GAME ONLINE SEBAGAI OBJEK DALAM KEGIATAN BISNIS JUAL BELI ONLINE. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4829

Issue

Section

Articles