TINJAUAN YURIDIS KEGIATAN TEXT MINING DAN DATA MINING TERHADAP CIPTAAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Authors

  • Yudhistira Akmal Putranto

Abstract

Yudhistira Akmal Putranto, M. Zairul Alam, Diah Pawestri Maharani

Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No.169, Malang

e-mail: akmalptr@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi kegiatan praktik Text mining dan Data Mining terhadap Ciptaan ditinjau berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang hak cipta. Perkembangan teknologi informasi yang melahirkan revolusi 4.0 telah membawa pengaruh yang masif terhadap berbagai tatanan kehidupan. Perkembangan tersebut menjadikan data digital sebagai komoditas yang sangat berharga bahkan lebih berharga dari pada komoditas minyak bumi, pengetahuan yang terkandung dalam kumpulan data yang besar menjadikannya sebagai komoditas yang berharga. Hadirnya alat analisis otomatis Text Mining dan Data Mining yang bertujuan untuk mengekstrak ilmu baru, yang tersembunyi dan terkandung dalam data yang berbentuk Structured dan Unstructured Data, kegiatan Text Mining dan Data Mining beririsan dengan hukum Hak Cipta karena data yang digunakannya merupakan Ciptaan yang dilindungi, seperti buku, jurnal, artikel, dan lain-lain. Namun tidak adanya pengecualian pelanggaran Hak Cipta terkait kegiatan Text Mining dan Data Mining dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta menjadikan kegiatan Text Mining dan Data Mining rawan akan konflik hukum karena Undang-Undang a quo yang tidak mengakomodir. Hal ini menjadikan perkembangan pengetahuan dengan menggunakan Text Mining dan Data Mining di Indonesia tidak  bebas dan penuh dengan ketidakpastian hukum.

Penulis memperoleh jawaban dari permasalahan yang ada, bahwa penggunaan Text Mining dan Data Mining dalam lingkup Hak Cipta tidak efektif dan efisien karena dalam Pasal 44 dan 49 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta cenderung membatasi dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Hal ini berbeda dengan pengaturan pengecualian pelanggaran Hak Cipta di Uni Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat yang memberikan pengaturan dan perlindungan bagi kegiatan Text Mining dan Data Mining. sehingga membuat pengaturan yang ideal bagi Indonesia dengan menggabungkan regulasi di Uni Eropa dan Jepang merupakan keputusan yang tepat.

Kata Kunci: Text Mining dan Data Mining, Hukum Kekayaan Intelektual

 

ABSTRACT

This research aims to analyze and identify text mining and data mining activities related to creation according to Law Number 28 of 2014 concerning Copyright. The advanced technology that has given rise to the 4.0 revolution has brought a massive impact on almost all aspects of life. This development has positioned digital data as a commodity more valuable than crude oil commodity due to the knowledge existing in the data that makes them valuable. The presence of text mining and data mining automated analysis is intended to extract new knowledge hidden in the data in the form of structured and unstructured data. Text and data mining correlate with copyright recalling that data are considered creation that is protected, such as those in the forms of books journals, articles, and many more. However, no exception regarding the infringement of copyright in text mining and data mining in Law Number 28 of 2014 concerning Copyright means that these activities are prone to legal conflicts since the a quo law does not accommodate the case. That is, the knowledge development through text mining and data mining in Indonesia is restricted and faces legal uncertainty.

The research reveals the utilization of text mining and data mining within the scope of copyright is not yet effective and efficient since Article 44 and Article 49 of Law Number 28 of 2014 tend to restrict these activities and are not relevant to the current development. This is different from the regulation highlighting the exception in the infringement of copyright in the European Union, Japan, and the US which tend to regulate and protect text mining and data mining. Thus, making an ideal regulation concerning this matter could also take into account the combination of the regulations applied in the European Union and Japan.

Keywords: text mining and data mining, intellectual property rights

Published

2022-08-02

How to Cite

Putranto, Y. A. (2022). TINJAUAN YURIDIS KEGIATAN TEXT MINING DAN DATA MINING TERHADAP CIPTAAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4805

Issue

Section

Articles