PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK CIPTA TERKAIT HAK MORAL DAN HAK EKONOMI ATAS DESAIN GRAFIS PADA PAKAIAN BERDASARKAN UNDANG-UDANG NO.28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Authors

  • Damar Sanubari

Abstract

Damar Sanubari, M. Zairul Alam, Shanti Riskawati
Fakultas Hukum Universitas Brawijaya
Jl. MT Haryono No. 169 Malang
e-mail: damarsanu7@student.ub.ac.id

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan terhadap pemegang hak cipta terkait hak moral dan hak ekonomi atas desain grafis pada pakaian di dalam Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan mengetahui konsep useful article dan separability di dalam perlindungan hukum bagi pemegang hak cipta atas desain grafis pada pakaian. Pengaturan sanksi terhadap pelanggaran atas hak moral belum di atur di dalam Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2014. Di dalam Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta belum diatur mengenai perlindungan terhadap desain grafis pada pakaian. Konsep useful article dan separability berperan penting untuk menilai jika desain grafis pada pakaian dinilai dapat memenuhi syarat perlindungan hak cipta atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif yang dilakukan dengan mengkaji Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta serta melakukan perbandingan terhadap pengaturan perlindungan desain grafis pada pakaian di negara lain dan kasus perlindungan desain grafis pada pakaian dalam sengketa Varsity Brand VS Star Athletica. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perlindungan hak moral yang diberikan oleh Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta belum mampu memberikan keadilan bagi pencipta karena belum diaturnya sanksi pelanggaran terhadap hak moral. Konsep useful article dan separability di dalam perlindungan hukum bagi pemegang hak cipta atas desain grafis pada pakaian menunjukkan bahwa desain grafis pada pakaian yang dapat dilindungi oleh hak cipta adalah desain grafis pada pakaian yang dapat dipisahkan dan berdiri sendiri terpisah dari pakaian di mana desain tersebut berada.

Kata Kunci: Perlindungan, Desain Grafis Pada Pakaian, Hak Moral, Hak Cipta, Useful Article, Separability

 

ABSTRACT

This study aims to investigate the protection given to copyright holders regarding moral and economic rights in graphic design on clothes according to Law Number 28 of 2014 concerning Copyrights and to find out the concepts of useful article and separability in legal protection for copyright holders regarding graphic design on clothes. Sanctions regarding violations of moral rights and the legal protection of graphic design on clothes are not governed in Law Number 28 of 2014. Useful article and separability concepts play a vital role in determining whether or not graphic design on clothes could meet the requirement of copyright protection. This study employed normative-juridical methods, studying Law Number 28 of 2014 concerning Copyrights and comparing the regulation governing the protection of graphic design on clothes in another country and the case of graphic design protection in the dispute between Varsity Brand and Star Athletica. The study results reveal that the protection of moral rights provided by law Number 28 of 2014 concerning Copyright does not bring justice to copyright holders since the sanctions of violations of moral rights are not yet regulated. Useful article and separability concepts in the context of legal protection for graphic design on clothes that are protected by copyrights involve the graphic design that is separable and independent from the clothes to which the design is attached.

Keywords: protection, graphic design on clothes, moral right, copyright, useful article, separability

Published

2022-05-18

Issue

Section

Articles