ANALISIS YURIDIS ASAS KESEIMBANGAN DALAM KLAUSULA BAKU APLIKASI SHOPEE

Authors

  • Olivia Nabila Sambas

Abstract

Olivia Nabila Sambas, Setiawan Wicaksono, Prawatya Ido Nurhayati

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No.169 Malang

e-mail: olivianabila18@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klausula baku dalam syarat layanan aplikasi Shopee memenuhi asas keseimbangan dalam hukum perjanjian. Asas keseimbangan menghendaki agar para pihak dalam perjanjian memiliki kedudukan yang setara dalam memiliki hak dan menjalankan kewajiban. Namun dalam praktiknya, khususnya pencatuman klausula baku yang dilaksanakan antara Shopee dengan pedagang tidak memenuhi asas keseimbangan. Hal ini disebabkan oleh kedudukan yang tidak setara antara Shopee dengan pedagang dimana Shopee memiliki keunggulan ekonomis yang ditandai dengan keberadaan Shopee sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia dan yang paling banyak diminati oleh pedagang untuk menawarkan produknya. Di sisi lain, pedagang berkedudukan sebagai pihak yang lemah dalam perjanjian karena berlakunya prinsip take it or leave it. Klausul yang menarik perhatian penulis yakni klausul yang menyatakan tunduknya pengguna terhadap setiap aturan tambahan yang berlaku dikemudian hari dan ditetapkan secara sepihak oleh Shopee. Salah satu contohnya adalah tindakan Shopee yang secara otomatis mengikutsertakan pedagang dalam program Gratis Ongkir dimana belum tentu pedagang yang diikutsertakan ingin mengikuti program tersebut karena terdapat biaya lain yang harus dikeluarkan. Keputusan-keputusan sepihak ini yang kemudian mendatangkan berbagai kerugian materiil bagi pedagang. Adapun jenis penelitian ini adalah yuridis normatif dengan menggunakan metode pendekatan undang-undang (statue approach) dengan cara studi kepustakaan untuk mengumpulkan informasi seputar klausula baku dan asas keseimbangan. Analisis data yang digunakan oleh penulis adalah interpretasi sistematis yang dilakukan dengan cara  menafsirkan undang-undang sebagai suatu kesatuan sistem. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa klausula baku dalam syarat layanan Shopee belum memenuhi asas keseimbangan baik dari segi pembentukan maupun pelaksanaan perjanjian.

Kata Kunci: Klausula baku, asas keseimbangan, Shopee, pedagang

 

ABSTRACT

This research aims to find out the standard clause of the terms and conditions set forth on the Shopee application to meet the balance principle in Agreement Law. This principle requires each party involved in the agreement to have equal rights and obligations. However, in real life, the standard clause outlined for both Shopee and vendors fails to meet the balance principle due to unequal position between Shopee and vendors, in which Shopee has economic superiority since Shopee is one of the biggest marketplaces in Indonesia with a great number of vendors selling their products in this marketplace. On the other hand, vendors have a vulnerable position in the agreement due to the implementation of the take-it-or-leave-it principle. This study intends to investigate the clause suggesting that vendors are required to comply with each supplementary regulation in place in the time to come, and this regulation was unilaterally set forth by Shopee. For example, Shopee unilaterally implements free shipping services that vendors have to comply with, regardless of whether the vendors agree with the decision due to some consideration the vendors have to make. This unilateral decision has often caused losses to vendors. This research employed normative-juridical methods and statutory approach through library research from which information on standard clause and balance principle was gathered. The data were analyzed based on a systematic interpretation that interprets the law as a unit of a system. This research reveals that the standard clause outlined by Shopee has not met any balance principle in terms of either the formulation or the execution of the agreement.

Keywords: standard clause, balance principle, Shopee, vendors

Published

2021-12-27

How to Cite

Sambas, O. N. (2021). ANALISIS YURIDIS ASAS KESEIMBANGAN DALAM KLAUSULA BAKU APLIKASI SHOPEE. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4539