UPAYA BEA DAN CUKAI DALAM MENCEGAH DAN MENANGGULANGI PEREDARAN BARANG KENA CUKAI HASIL TEMBAKAU ILEGAL (Studi di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang)

Authors

  • Mega Maria Nadeak

Abstract

Mega Maria Nadeak, Setiawan Noerdajasakti, Solehuddin

Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya

e-mail: meganadeak_@student.ub.ac.id

 

ABSTRAK

Dalam penelitian ini, penulis mengangkat isu hukum mengenai Upaya Bea dan Cukai dalam Mencegah dan Menanggulangi Peredaran Barang Kena Cukai Hasil Tembakau Ilegal. Pertanyaan ini muncul karena masih banyaknya barang kena cukai hasil tembakau ilegal di wilayah yurisdiksi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, sehingga berdampak pada penurunan penerimaan negara di bidang cukai hasil tembakau.

Berdasarkan hal tersebut di atas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) Realita peredaran barang kena cukai hasil tembakau ilegal di wilayah hukum Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang; dan (2) Upaya dan kendala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang di dalam mengatasi peredaran barang kena cukai hasil tembakau ilegal. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan data primer dan sekunder sehingga diperoleh kesimpulan mengenai Upaya Bea dan Cukai dalam Mencegah dan Menanggulangi Peredaran Barang Kena Cukai Hasil Tembakau Ilegal.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang telah melaksanakan pengawasan untuk mengatasi peredaran barang kena cukai hasil tembakau ilegal. Pelaksanaan pengawasan telah sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku, namun belum efektif. Beberapa kendala yang ditemui adalah kemampuan dan jumlah SDM di bidang pengawasan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, pengurangan Dana Operasional Khusus Pengamanan Penerimaan Negara (DOKPPN), resistensi fisik dari masyarakat, dan kurang koordinasi dengan aparat penegak hukum terkait seperti Polisi, TNI, Satpol PP, dan pihak terkait lainnya.

Kata kunci: Bea Cukai, Pita Cukai, Barang Kena Cukai, Hasil Tembakau Ilegal

 

ABSTRACT

This research studies the measures taken by Customs and Excise to avert the illegal distribution of tobacco as taxable goods. This topic is raised following the rising trend of illegal products distributed within the jurisdiction of medium customs and excise control and services of Malang, causing falling revenue of the state collected from a tobacco product.

Departing from the above issue, this research aims to analyze: (1) the reality of the illegal distribution of tobacco as taxable products within the jurisdiction of medium customs and excise control and services of Malang; and (2) measures taken by the tax office and impeding factors in dealing with the illegal distribution of the tobacco. Research data were analyzed based on a qualitative method, describing the primary and secondary data to obtain the conclusion of the measures taken by the tax office to avert the illegal distribution of tobacco.

The research result concludes that the tax office has performed supervision to deal with the illegal distribution of taxable tobacco. The control complies with current regulations although it has not been performed effectively due to several factors such as the lack of human resources in the supervision required by the tax office in Malang, the cap of Special Operational Funding in State Revenue Security, physical resistance coming from the members of the public, and lack of coordination with law enforcers such as police, Indonesian Armed Force, Civil Service Police Unit, and other related parties.

Keywords: Customs and Excises, Excise Tape, Taxable Goods, Illegal Tobacco Products

 

Published

2021-12-27

How to Cite

Nadeak, M. M. (2021). UPAYA BEA DAN CUKAI DALAM MENCEGAH DAN MENANGGULANGI PEREDARAN BARANG KENA CUKAI HASIL TEMBAKAU ILEGAL (Studi di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4533