PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP WANPRESTASI DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK JASA PENGINAPAN BERBASIS APLIKASI

Authors

  • Cherelia Valmai Zabrina

Abstract

Cherelia Valmai Zabrina, Rachmi Sulistyarini, Shanti Riskawati

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

e-mail: cheeliavalmai@gmail.com

 

ABSTRAK

Dalam penelitian ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai kekosongan hukum perlindungan konsumen pada platform e-commerce terutama layanan persewaan penginapan. Belum diaturnya hak dan kewajiban dalam undang-undang di Indonesia yang seharusnya dibebankan kepada layanan persewaan penginapan berbasis aplikasi sebagai penyelenggara elektronik mengakibatkan layanan persewaan penginapan berbasis aplikasi hilang kendali dalam memberikan tanggung jawab akibat kerugian yang dialami konsumennya sehingga timbulah wanprestasi. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, kewajiban bagi penyelenggara sistem elektronik masih terbatas dalam hal tanggung jawab untuk melindungi data pribadi milik konsumen yang menggunakan layanan sistem elektronik. Berdasarkan hal di atas, penelitian ini mengedepankan rumusan masalah mengenai bentuk dan tanggung jawab perlindungan yang dapat diberikan kepada konsumen yang dirugikan akibat wanprestasi dalam transaksi elektronik jasa penginapan berbasis aplikasi. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu yuridis normatif dengan metode pendekatan penelitian peraturan perundang-undangan (statute approach). Penulis memperoleh bahan hukum utama dan bahan hukum sekunder, kemudian menganalisisnya melalui intepretasi gramatikal dan sistematis dengan penafsiran kata-kata sesuai tata bahasa yang berlaku dan menafsirkan antar perundang-undangan.

Kata Kunci: Layanan Persewaan Penginapan Berbasis Aplikasi, Wanprestasi, Perlindungan Konsumen


ABSTRACT

This research discusses the legal loopholes regarding consumer protection in e-commerce platforms in offering accommodation on an application. The absence of rights and obligations in laws in Indonesia has caused the accommodation services to fail to appropriately perform responsibility, causing the loss for consumers, which leads to a breach of contract. Law Number 11 of 2008 concerning Electronic Information and Transactions implies that the responsibility of electronic system providers is still restricted to the responsibility to protect the personal data of the consumers using electronic system services. Departing from the above issue, this research studies the problems regarding the form and responsibility of protection given to the aggrieved consumers due to breach of contract in electronic transactions in accommodation services offered online on an app. This research employed normative-juridical methods and statutory approaches. The research data involved both primary and secondary data, which were further analyzed based on grammatical and systematic interpretation in which words are analyzed according to standard grammar and legislation is interpreted.

Keywords: app-based accommodation rent, breach of contract, consumer protection

Published

2021-12-27

How to Cite

Zabrina, C. V. (2021). PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP WANPRESTASI DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK JASA PENGINAPAN BERBASIS APLIKASI. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4526