EFEKTIVITAS PASAL 40 AYAT (1) HURUF N UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA TERKAIT ADAPTASI NASKAH DALAM PEMENTASAN SENI TEATER (Studi Di Teater Kota Malang)
Abstract
Andri Setiawan, Moch. Zairul Alam, Diah Pawestri Maharani
Fakultas Hukum Universitas Brawijaya  Jl. MT. Haryono No. 169 Malang
e-mail : andri03@ub.ac.id
Abstrak
Untuk menjawab permasalahan diatas, penulis menggunakan jenis penelitian HukumEmpiris, metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, jenis dansumber data terbagi menjadi jenis, sumber primer dan sekunder, teknik yangdigunakan dalam memperoleh data adalah teknik observasi, wawancara dandokumentasi,dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskripstifkualitatif. Dari hasil penelitian sesuai dengan rumusan masalah dan metode yang telahdiuraikan di atas bahwa Pengadaptasian naskah dalam pementasan seni teater perludilakukan penelitian yang mandiri khususnya di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesiaserta mempertimbangkan aspek sosiologis dan ekonomi masyarakat. KarenaPengadaptasian naskah Teater dalam Pementasan adalah hal yang jika diterapkandengan tepat dapat bermanfaat baik segi ekonomi bagi Penulis Naskah dan Penggiatseni Teater di Kota Malang maupun Indonesia.
Kata Kunci: adaptasi, Teater, penulis, penggiat seni.
Â
Abstract
With empirical research method, socio-juridical approach, primary and secondary datafrom observation, interview, documentation, followed by descriptive qualitativetechnique, this research has found out that script adaptation for the art performancein the theatre requires independent research especially in Malang, East Java,Indonesia. Moreover, sociological and economic aspects of the society are necessaryto be taken into account. Script adaptation could benefit the economy of thescriptwriters and art activists involved in the Theatre in Malang or in the entireIndonesia as long as this adaptation is appropriately performed.
Keywords: adaptation, theatre, writer, art activists