PENERAPAN PASAL 365 KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN (STUDI DI POLRES LAMONGAN)

Authors

  • Regina Solikha Putri

Abstract

Regina Sholikha Putri, Abdul Madjid, Yuliati

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No. 169 Malang, Jawa Timur, 65145

e-mail : Reginasputri03@gmail.com

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Penerapan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang terjadi di kepolisian Resort Kabupaten Lamongan dalam menangani tindak pidana pencurian dengan kekerasan. Pencurian dengan kekerasan merupakan kejahatan terhadap harta dan benda. Kekerasan yang dilakukan  dalam pencurian tersebut mempunyai tujuan untuk menyiapkan atau mempermudah pencurian atau jika tertangkap tangan ada kesempatan bagi pelaku untuk melarikan diri agar barang yang dicuri tersebut tetap berada di tangan pelaku. Dengan semakin meningkatnya kejahatan pencurian, maka berkembang pula bentuk-bentuk lain dari pencurian itu sendiri. Salah satunya adalah jambret. Seperti kasus yang terjadi di Lamongan, yang dari tahun ke tahun meningkat. Dan menurut data yang diperoleh dari Kepolisian Resort Kabupaten Lamongan, kasus kriminalitas tertinggi setelah tindak pidana penipuan online yaitu pencurian dengan kekerasan yang pada tahun 2018 mencapai 20 perkara.

Kata Kunci : Pencurian, Kekerasan, Pencurian dengan Kekerasan, jambret.

 

Abstract

This research is aimed to study and analyse the implementation of Article 365 of Criminal Code, where the case of violent theft was handled by Sub-regional Police Department in the Regency of Lamongan. This crime is related to asset one has. The violence committed by the thief was intended to give the theft quick access to commit his act and it was also intended to give him a chance to escape with the possessions stolen. As the theft offenses are growing in number, the way they are committed are also getting more varied. A case like this has happened in Lamongan and the incidence keeps growing. According to the data obtained from the police department of Lamongan, violent theft accounted for the highest criminal case (20 cases) after online fraud in 2018.

 

Keywords: theft, violence, violent theft

Published

2020-02-05

How to Cite

Putri, R. S. (2020). PENERAPAN PASAL 365 KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN (STUDI DI POLRES LAMONGAN). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/3717

Issue

Section

Articles