PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK JALANAN DALAM PEMBERIAN JAMINAN SOSIAL (Studi Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, Dan Pengemis di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Kediri)

Authors

  • Rony Kurnianto Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Abstract

Rony Kurnianto, Agus Yulianto, SH.,MH., Dr.Shinta, SH.,MH

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Email : ronykurnianto92@gmail.com

ABSTRAK

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas tentang Perlindungan Hukum Bagi Anak Jalanan Dalam Pemberian Jaminan Sosial. Alasan penulis memilih judul tersebut karena penulis melihat masih banyak anak jalanan yang masih berkeliaran di jalanan. Kemudian dimana peran pemerintah yang seharusnya memberikan perlindungan hukum dengan cara memberikan jaminan sosial kepada anak jalanan tersebut.

Dari sana penulis mengangkat rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi anak jalanan dalam pemberian jaminan sosial? 2) Apa hambatan yang di hadapi dan Upaya yang di tawarkan oleh Pemerintah Kota Kediri khususnya Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Kediri dalam menyikapi hal tersebut?

Penulis menggunakan jenis penelitian yurudis empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis dan data primer dan data sekunder yang diperoleh di analisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif yaitu metode menganalisis data yang di peroleh dari wawancara dan observasi dengan melihat kenyataanya secara langsung dan mengajukan pertanyaan kepada narasumber.

Pemerintah kota kediri memberikan jaminan sosial kepada anak jalanan berupa pendidikan, bimbingan moral dan ketrampilan. Hambatan yang di hadapi saat memberikan jaminan sosial yaitu terletak pada saat merazia, banyak anak jalanan yang masih melarikan diri dan upaya yang dilakukan yaitu dengan membawa anak jalanan ke panti penampungan dan di berikan arahan yang positif dan bermanfaat selama di panti penampungan.

 

Kata kunci : perlindungan hukum, anak jalanan, jaminan sosial,dinsosnaker

Legal Protection for Street Children in Providing Them with Social Security

Rony Kurnianto, Agus Yulianto, SH.,MH., Dr.Shinta, SH.,MH

Faculty of Law Universitas Brawijaya

Email : ronykurnianto92@gmail.com

ABSTRACT

This thesis discussed Legal Protection for Street Children in Providing them with Social Security.

The government of Kediri is obliged to provide legal protection for street children found on the streets in the city because they are the poor that must be protected by the government. Therefore, the government of Kediri are responsible in providing them social facilities such as shelter for people with deprived form social welfare. In the shelter, those children will be given social security.

Social and Labour Service Office of Kediri regency has done several ways to prosper the poor specially the street children. Several programs have been launched to help those street children. In shelters, the Social and Labour Service Office has provided facilities by giving them coaching to change their live to be better.

The inhibiting factors encountered by the Social and Labour Service Office in providig legal protection for street children are that the streen children run away or resist when being raided, and there is overload in capacity when those street children are sent to the shelter.

Keywords: legal protection, street children, social security, Social and Labour Service

 

Published

2017-06-15

How to Cite

Kurnianto, R. (2017). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK JALANAN DALAM PEMBERIAN JAMINAN SOSIAL (Studi Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, Dan Pengemis di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Kediri). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2398

Issue

Section

Articles