KRIMINALISASI INSES (HUBUNGAN SEKSUAL SEDARAH) DALAM PERSPEKTIF PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA

Authors

  • Vifi Swarianata

Abstract

Abstract

The purpose of this journal the writers to discussed one of the problems the criminalization of incest in the perspective of criminal law reform. The purpose of writing this journal to analyze, describe the significance and criteria of incest, the basic consideration and review of the urgency of efforts to criminalize the act of incest addition, to analyze and conduct formulation of norms setting incest in ius constituendum which correspond to the sense or the values ​​of justice to provide a solution and improvement in the criminal law policy formulation is ideal in criminal law reform. The research uses a method of this research is kind the statute approach, conseptual approach, and comparative approach. The result of this research is criminalization of incest in the perspective of criminal law reform.

Key words: Crimininalization, incest, criminal law reform

Abstrak

Dalam penulisan jurnal ini penulis membahas salah satu masalah tentang kriminalisasi inses (hubungan seksual sedarah) dalam perspektif pembaharuan hukum pidana. Tujuan penulisan jurnal ini untuk menganalisis, mendeskripsikan mengenai makna dan kriteria inses, dasar pertimbangan dan kajian urgensi upaya kriminalisasi perbuatan inses. Selain itu, untuk menganalisis dan melakukan kebijakan formulasi perumusan norma pidana pengaturan inses dalam ius constituendum yang sesuai dengan rasa atau nilai-nilai keadilan guna untuk memberikan suatu solusi dan penyempurnaan dalam perumusan kebijakan hukum pidana yang  ideal.Metode penelitian menggunakan jenis penelitian ini adalah penelitian normatif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pendekatan perundang-undangan  (statute approach),  pendekatan konseptual  (conceptual approach) dan pendekatan perbandingan (Comparative approach). Hasil dari penelitian ini yaitu dasar Pertimbangan urgensi kriminalisasi inses Dan kebijakan formulasi perbuatan inses dalam perspektif pembaharuan hukum pidana.

Kata Kunci: Kriminalisasi, Inses, Pembaharuan Hukum Pidana.

Downloads

Published

2016-09-22

How to Cite

Swarianata, V. (2016). KRIMINALISASI INSES (HUBUNGAN SEKSUAL SEDARAH) DALAM PERSPEKTIF PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2010