PELAKSANAAN PASAL 4 HURUF d PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG PRASARANA, SARANA DAN UTILITAS UMUM (Studi Pada Terminal Hamid Rusdi Kota Malang )

Authors

  • PRASDIKA BAHRUDIN

Abstract

Penulis mengangkat permasalahan mengenai bentuk pemeliharaan dan perawatanpada terminal, tema ini di ambil karena terminal merupakan fasilitas umum yangpenting dan sangat menunjang pergerakan angkutan umum, selain itu latar belakangselanjutnya adalah terminal merupakan aset daerah yang harus selalu dirawat untukmenjaga fungsinya. Terminal sangat di perlukan agar kendaraan angkutan umumyang sedang istirahat tidak berkumpul di satu sudut jalan yang mengakibatkanmacet. Selain itu untuk menghilangkan terminal bayangan yang sering membuatmacet jalan karena angkutan umum yang sering parkir sembarangan di badan jalan.Tiap fasilitas umum tentu harus dirawat, dalam hal terminal yang melakukanperawatan adalah dinas perhubungan. Dinas terkait dalam melakukan perawatantentu memiliki standar dan tingkatan tertentu. Untuk menjaga agar fasilitas umumterus dapat digunakan tentu perawatan mutlak dibutuhkan agar kondisi prasarana,sarana dan utilitas umum tersebut selalu maksimal dan tidak menggangupenggunaannya. Pembangunan terminal Hamid Rusdi bertujuan untuk mengatursistem lalu lintas agar lebih tertata dengan baik.Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang pemeliharaan dan perawatanpada terminal hamid rusdi kota malang sudah dilakukan, namun denganketerbatasan pendanaan dan kurangnya renovasi pada beberapa bagian terminalmaka keadaan terminal menjadi kurang maksimal dan dapat menghambatpemanfaatannya.

Kata kunci : perawatan terminal, prasarana, sarana, utilitas umum,

Downloads

Published

2015-03-19

How to Cite

BAHRUDIN, P. (2015). PELAKSANAAN PASAL 4 HURUF d PERATURAN DAERAH KOTA MALANG NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG PRASARANA, SARANA DAN UTILITAS UMUM (Studi Pada Terminal Hamid Rusdi Kota Malang ). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/949