URGENSI PENGATURAN DEFISIT UNDERWRITING DANA TABARRU’ PADA ASURANSI SYARIAH

Authors

  • Ramanov Abigail

Abstract

Ramanov Abigail, Siti Hamidah, Shanti Riskawati

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No.169 Malang

e-mail: ramanovsiahaan1199@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis mengenai apa urgensi pengaturan defisit underwrittting dana tabarru’ pada asuransi Syariah di Indonesia juga menganalisis mengenai bagaimanakah konsep yang ideal dalam pengaturan defisit underwriting dan tabarru’ pada asuransi Syariah nasional. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif dengan pendekatan undang-undang dan pendekatan konseptual. Adapun terkait dari hasil penelitian, peneliti memperoleh jawaban yaitu tingkat urgensitas dari pengaturan defisit underwriting dana tabarru’ itu sendiri menjadi penting untuk dikaji penerapan dan pengaplikasiannya, hal demikian di sandarkan dari berbagai alasan dan landasan yaitu berdasarkan alasan filosofis, teoritis, ekonomis, dan yuridis. Dalam konteks asuransi berlandaskan prinsip Syariah juga dikenal dengan adanya selisih kurang maupun selisih lebih dana tabarru’ atau dikenal dengan surplus underwriting, mengenai surplus underwriting banyak diutemukan peraturan yang membahas masalah terkait hal demikian pula yang menjadi salah satu alasan peneliti membahas penelitian ini, karena dalam hasil dana tabarru’ yang diinvestasikan akan terjadi kemungkinan yaitu surplus dan defisit maka sepatutnya defisit juga perlu diatur secara rijit dalam bahasan serupa diperaturan yang sama.

Kata Kunci: Defisit Underwriting, Surplus Underwriting, Asuransi Syariah

 

Ramanov Abigail, Siti Hamidah, Shanti Riskawati

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No.169 Malang

e-mail: ramanovsiahaan1199@gmail.com

 

ABSTRACT

This research aims to find out an ideal concept of regulating underwriting tabarru’ fund deficit in national sharia insurance by employing normative-juridical methods, statutory, and conceptual approaches. The research has found out that the implementation of the underwriting tabarru’ fund needs an analysis due to philosophical, theoretical, economic, and juridical reasons and bases. The concept of deficit and surplus exists in this type of insurance. Surplus underwriting is regulated in several regulatory provisions, and there is a likelihood that either surplus or deficit may apply to the insurance. That is, deficit matter needs to be rigidly regulated under the same regulatory provisions.

Keywords: underwriting deficit, underwriting surplus, sharia insurance

 

Published

2022-02-16

How to Cite

Abigail, R. (2022). URGENSI PENGATURAN DEFISIT UNDERWRITING DANA TABARRU’ PADA ASURANSI SYARIAH. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4607

Issue

Section

Articles