EFEKTIVITAS HUKUM PENGENAAN BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN TERKAIT DENGAN PERALIHAN HAK MILIK ATAS JUAL BELI TANAH DAN BANGUNAN (Studi di Kota Batu)

Authors

  • Fifin Citraningrum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Abstract

Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh pelaksanaan pengalihan suatu jenis pajak, akan terdapat sejumlah kendala dan hambatan, terlebih apabila jenis pajak tersebut merupakan jenis pajak baru bagi daerah seperti BPHTB. Beberapa kendala tersebut dapat timbul dari pihak mana saja, baik yang bersumber dari kekurangsiapan pemerintah pusat, kekurangsiapan pemerintah daerah, kondisi di lapang, dan lain-lain. Kendala yang timbul perlu mendapat penanganan segera dan dicarikan pemecahannya untuk kelancaran pemungutan pajak daerah. Serta masalah yang sering kali terjadi yaitu pengurangan nilai transaksi pembayaran BPHTB oleh Wajib Pajak yang akan mengakibatkan berkurangnya pendapatan daerah. Bagaimana efektivitas hukum dalam pengenaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan di Kota Batu serta upaya mengatasi hambatan dalam pengenaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan di Kota Batu.

Kata kunci : Efektivitas hukum, BPHTB.

Downloads

Published

2013-12-17

How to Cite

Citraningrum, F. (2013). EFEKTIVITAS HUKUM PENGENAAN BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN TERKAIT DENGAN PERALIHAN HAK MILIK ATAS JUAL BELI TANAH DAN BANGUNAN (Studi di Kota Batu). Brawijaya Law Student Journal, 1(8). Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/203

Issue

Section

Articles