PELAKSANAAN PELESTARIAN SITUS TROWULAN DALAM KONTEKS PENGAMANAN CAGAR BUDAYA (Studi Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto)

Authors

  • Yonar Firmansyah Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Abstract

Penelitian ini mengkaji Pelaksanaan Pelestarian Situs Trowulan Dalam Konteks Pengamanan Cagar Budaya. Kajian tentang pelaksanaan pengamanan cagar budaya  menurut aturan Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Pelaksanaan tugas pelestarian cagar budaya menjadi wewenang Balai Pelestarian Cagar Budaya yang berkedudukan di bawah Kemendikbud berdasarkan Permendikbud Nomor 52 tahun 2012. karya tulis ini mengangkat rumusan masalah bagaimana bentuk perusakan cagar budaya yang terjadi di lingkungan Situs, upaya Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto dalam pelaksanaan tugas pengamanan situs trowulan, hambatan apakah yang ditemui dalam pelaksanaan tugas pengamanan situs trowulan dan bagaimana pemecahannya. Menggunakan metode hukum empiris, dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis yang dilakukan mengkaji aturan dan regulasi dengan isu hukum dengan memperhatikan data primer, sekunder. kemudian dikelompokkan, dihubungkan dan dibandingkan dengan ketentuan hukum yang mengatur Cagar Budaya. Hasil penelitian dengan metode diatas memperoleh jawaban atas permasalahan bahwa banyak terjadi perusakan benda-benda purbakala dan situs cagar budaya di Situs Trowulan, hal ini terjadi karena kurang kesadarannya masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga benda peninggalan sejarah dan situs cagar budaya. Masyakat menjual benda purbakala penemuannya ke penadah atau kolektor dan tidak melaporkannnya ke BPCB hal ini tidak sesuai dengan undang-undang cagar budaya. Banyak industri di kawasan cagar budaya yang tidak sesuai dengan aturan yang ada.

 

Kata kunci : pelestarian, balai pelestarian, cagar budaya.

 

Published

2015-07-29

How to Cite

Firmansyah, Y. (2015). PELAKSANAAN PELESTARIAN SITUS TROWULAN DALAM KONTEKS PENGAMANAN CAGAR BUDAYA (Studi Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/1212

Issue

Section

Articles