PEMENUHAN HAK-HAK PEKERJA PADA USAHA DAGANG YANG TIDAK MEMPUNYAI IZIN USAHA (Studi Di UD Tri Mulya Onix Kabupaten Tulungagung)

Authors

  • Erma Zulfa Kurniawan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya perusahaan yang berbentuk perusahaan perseorangan yang telah mempunyai pekerja lebih dari sepuluh 10 (sepuluh) orang tidak melengkapi izin usahanya dan tidak melapor ketenagakerjaan di perusahaan ke pemerintah setempat. Hal tersebut berdampak kepada beberapa pihak, salah satunya yaitu pekerja di perusahaan tersebut tentang pemenuhan haknya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, mengidentifikasi dan menganalisis pemenuhan hak-hak bagi pekerja dari perusahaan yang tidak mempunyai kelengkapan izin tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Urgensi dari penelitian ini adalah agar tidak ada lagi perusahaan yang tidak taat hukum seperti contoh tidak mempunyai kelengkapan izin usahanya dan selalu memenuhi hak pekerjanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kata kunci : perusahaan, hak pekerja, izin usaha.

Downloads

Published

2015-04-02

How to Cite

Kurniawan, E. Z. (2015). PEMENUHAN HAK-HAK PEKERJA PADA USAHA DAGANG YANG TIDAK MEMPUNYAI IZIN USAHA (Studi Di UD Tri Mulya Onix Kabupaten Tulungagung). Brawijaya Law Student Journal, (1). Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/993

Issue

Section

Articles