KONSTRUKSI HUKUM TRANSAKSI “MYSTERY BOX” DITINJAU DARI ASPEK HUKUM PERJANJIAN

Authors

  • Rayhan Rizky Fitrianto

Abstract

Rayhan Rizky Fitrianto, Rachmi Sulistyarini, Amelia Sri Kusuma Dewi

Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No.169, Malang

e-mail: rayhan.riv@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menemukan bentuk konstruksi hukum transaksi “Mystery Box” yang ditinjau dari hukum perjanjian. Dalam melakukan transaksi Mystery Box, para pihak tentunya telah sepakat dengan adanya suatu perjanjian yang merupakan transaksi. Penulis dalam melakukan penelitian menggunakan metode yuridis normatif Kemudian dalam ini, perlu di klasifikasikan berdasarkan karaktersitik transaksi kotak misteri terkait unsur apa yang sekiranya sesuai dengan pelaksanaan transaksi tersebut. Setelah penulis melakukan penelitian terhadap setiap unsur yang ada pada hukum perjanjian sebagaimana yang diatur pada buku ke III dari Kitab Undang - Undang Hukum Perdata, bahwa walaupun sistem atau teknis dari transaksi kotak misteri ini memiliki sifat yang tidak pasti sebagaimana pengertian dan unsurnya dijelaskan pada makna dari perjanjian untung untungan dalam hal perjudian atau pertaruhan, namun pada penerapannya hanya sebatas permainan, pertandingan, perlombaan, dan kejadian kejadian yang belum pasti hasilnya.

Maka transaksi dari kotak misteri ini tidak termasuk atau bukan merupakan perjanjian untung-untungan, mengingat walaupun sifatnya yang belum pasti, tetapi terdapat suatu unsur yang berupa terjadinya suatu kesepakatan untuk melakukan transaksi yang dilakukan oleh pelaku usaha dan konsumen. Unsur yang dimaksud penulis dalam hal ini adalah terpenuhinya unsur dari perjanjian jual beli sesuai dengan pasal 1457 KUHPerdata, yaitu terdapatnya penyerahan sesuatu kebendaan yang disampaikan oleh pelaku usaha dalam pelaksanaan prestasi, dan konsumen yang melakukan pembayaran sejumlah harga yang telah disepakati demi terlaksananya transaksi kotak misteri tersebut sebagaimana yang telah menjadi kesepakatan para pihak. Ketika terdapat kepastian mengenai konstruksi hukum dalam transaksi kotak misteri tersebut maka, dalam hal ini konsumen dapat memahami terkait perlindungan hukum, pertanggung jawaban hukum, serta akibat hukum dari transaksi kotak misteri.

Kata Kunci: Konstruksi Hukum, Mystery Box, Hukum Perjanjian

 

ABSTRACT

This research aims to investigate the legal construction of “mystery box” transactions seen from the perspective of contract law based on normative-juridical methods. This transaction should involve the agreement of the parties concerned. This research also classified the characteristics of the transaction to figure out what aspects or elements that fit this transaction. Following the analysis of each aspect as governed in Book III of the Civil Code, this research has found out that although the transaction system in the mystery box refers to uncertainty and its aspects are detailed in the definition of speculating agreement as in gambling activities, this gambling is not more than just a game with no certain values ones can earn.

Thus, the transaction in the mystery box has the elements that ensure this is a speculating agreement because an agreement takes place between a consumer and owner despite the uncertainty and the chance of speculation. These elements or aspects ensure that there is an agreement under which a transaction takes place as in Article 1457 of Civil Law, marked by the transfer of a tangible object performed by the business owner and the payment of a cost by the consumer as agreed upon to allow the transaction to take place as agreed by the two parties. When there is a certainty of the legal construction in the transaction of the mystery box, the consumer should understand the legal protection, liability, and legal consequences caused by the mystery box transaction.

Keywords: legal construction, mystery box, contract law

Published

2022-06-10

How to Cite

Fitrianto, R. R. (2022). KONSTRUKSI HUKUM TRANSAKSI “MYSTERY BOX” DITINJAU DARI ASPEK HUKUM PERJANJIAN. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4734

Issue

Section

Articles