ANALISIS PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA DALAM E-SPORTS BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Authors

  • Patricia Pieter

Abstract

Patricia Pieter, Afifah Kusumadara, M. Zairul Alam

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No. 116 Malang

e-mail: patriciapieter@student.ub.ac.id

 

ABSTRAK

Pesatnya perkembangan industri e-sports di Indonesia serta potensinya untuk semakin berkembang di masa depan mendorong adanya urgensi untuk meningkatkan perlindungan hak cipta terkait karya dan konten bermuatan e-sports. Meskipun permainan video dalam e-sports terdiri dari sejumlah aset kreatif terpisah yang masing - masing dilindungi oleh Undang - Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, namun rupanya pengaturan dalam undang - undang tersebut belum cukup memadai ketika berkaitan dengan kegiatan pembuatan dan penyebarluasan konten e-sports. Secara spesifik, terkait hak cipta penyiaran konten (broadcasting) e-sports, karya hasil modifikasi permainan yang digunakan dalam e-sports, dan karya user-generated content dalam permainan e-sports. Oleh karenanya diperlukan analisis lebih dalam terkait perlindungan hukum hak cipta dalam e-sports yang diberikan oleh undang - undang hak cipta yang saat ini berlaku. Selanjutnya, penulis menganalisis dan membandingkan dengan pengaturan terkait perlindungan hukum hak cipta dalam e-sports menurut hukum Republik Rakyat Tiongkok dan Amerika Serikat dengan tujuan mencari referensi dari negara yang tergolong terdepan dalam perlindungan hak cipta dan industri e-sports guna melengkapi kekurangan dari undang - undang hak cipta Indonesia. Adapun dalam pengumpulan bahan hukum penulis melakukan studi kepustakaan.

Kata Kunci: Perlindungan Hukum Hak Cipta, E-Sports, Undang - Undang Hak Cipta

 

ABSTRACT

The vast development in e-sports industries in Indonesia and the potential that come with it urges the improvement of protection of copyright for e-sports-laden creation and contents. Although video games on e-sports consist of several separate creative assets, each of which is protected by Law Number 28 of 2014 concerning Copyright, this law is not fully accommodating when it comes to the content creation and the distribution in e-sports specifically, regarding the copyright of e-sports broadcasting, modified e-sports game results, and user-generated content in e-sports. Thus, an in-depth analysis of the legal protection of copyright in e-sports according to copyright law is required. Furthermore, this research also analyzed the comparison between the legal protection of copyright in e-sports according to the law of the People’s Republic of China and that of the law in the US for more references of how this case is regulated in more developed countries to fill the loopholes in the Law concerning copyright in Indonesia. The legal materials were obtained by conducting library research.

Keywords: legal protection of copyright, e-sports, copyright law

Published

2022-06-10

Issue

Section

Articles