URGENSI PENGATURAN ENDORSEMENT DALAM KEGIATAN PERIKLANAN DI INDONESIA

Authors

  • Aileen Chiquita Renata Putri

Abstract

Aileen Chiquita Renata Putri, Yuliati, Djumikasih

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No. 169, Malang

e-mail: aileenchiquitarenata@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji mengenai urgensi pengaturan endorsement dalam kegiatan periklanan di Indonesia dan juga mengkaji mengenai bagaimanakah pengaturan yang tepat untuk endorsement dalam kegiatan periklanan di Indonesia ini. Penelitian ini timbul dikarenakan adanya kekosongan hukum dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di Indonesia yaitu belum adanya pengaturan mengenai endorsement dalam kegiatan periklanan secara keseluruhan padahal endorsment ini sudah menjadi sarana periklanan favorit masyarakat Indonesia, kekosongan hukum ini menimbulkan banyak permasalahan hukum yang merugikan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan perbandingan yaitu dengan membandingkan peraturan perundang-undangan Indonesia yang terkait dengan peraturan di Negara India yaitu Consumer Protection Act of India, 2019, dari penelitian mengenai urgensi pengaturan endorsement dalam kegiatan periklanan di Indonesia ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Bagaimana urgensi dibentuknya pengaturan mengenai endorsement dalam kegiatan periklanan di Indonesia, 2) Bagaimana bentuk pengaturan serta hal-hal yang tepat untuk diatur mengenai endorsement dalam kegiatan periklanan di Indonesia, yang diperoleh dengan cara membandingkan dengan pengaturan di Negara India tadi mengenai endorsement.

Kata Kunci: Endorsement, Endorser, Periklanan

 

ABSTRACT

 This research studies the urgency in regulating endorsement in advertising in Indonesia and investigates how endorsement in this case is regulated in Indonesia. This research topic departs from the legal loophole in Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection in Indonesia that does not regulate endorsement in the country, contrary to the fact that endorsement is preferrable among other approaches of advertising. This loophole has led to legal problems that disadvantage consumers. This research employed normative-juridical methods, statutory, and comparative approaches, where the last approach was performed by comparing the relevant law in Indonesia and the Consumer Protection Act of India of 2019. From the analysis, this research comes to the conclusions regarding 1) the urgency of the formulation of the regulation concerning endorsement in advertising in Indonesia, and 2) the regulatory types and other appropriate elements required to regulate the endorsement in advertising in Indonesia.

Keywords: endorsement, endorser, advertising

Published

2022-06-03

Issue

Section

Articles