PERLINDUNGAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN KECAMATAN LOWOKWARU, KOTA MALANG (Studi Kasus Penerapan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka P

Authors

  • Sindy Irawati Manalu

Abstract

Sindy Irawati Manalu, Yuliati, Djumikasih

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No. 169 Malang

e-mail: sindiirawati14@student.ub.ac.id

 

ABSTRAK

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan tentang Perlindungan Konsumen di Rumah Makan. Latar belakang penulis memilih tema tersebut adalah adanya Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang mengharuskan konsumen dan pelaku usaha untuk melakukan protokol kesehatan di rumah makan. Namun dalam praktiknya, pelaku usaha lebih mementingkan keuntungan dalam menjalankan usahanya. Maka permasalahan hukum yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Keseharan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19) dalam perlindungan hak konsumen Rumah Makan Kawasan Lowokwaru Kota Malang? (2) Apakah terdapat hambatan dalam pelaksanaan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Rumah Makan pada Kawasan Lowokwaru Kota Malang?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris. Data primer dan data sekunder yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kepmenkes tersebut belum berjalan atau terlaksana secara efektif, serta penerapan kepmenkes tersebut memiliki hambatan yuridis dan non yuridis.

Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Protokol Kesehatan, Rumah Makan

 

ABSTRACT

The title of this research departs from the Decree of Health Minister of the Republic of Indonesia Number HK.01.07/MENKES/382/2020 concerning Health Guidelines for People, Premises, and Public Facilities in Preventing and Controlling Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) that requires both consumers and business owners to comply with health guidelines applying at restaurants, contrary to the fact where business owners are likely to disobey the guidelines for their own sake. Departing from this issue, this research investigates two problems: (1) how is the Decree of Health Minister Number HK.01.07/MENKES/382/2020 implemented in consumer protection at restaurants in Lowokwaru, Malang city? (2) what impeding factors interrupt the enforcement of the decree at restaurants in Lowokwaru, Malang city? This is socio-legal research employing socio-juridical methods. Both primary and secondary data were analyzed based on descriptive-qualitative techniques to process and discuss information required in scientific research. The research reveals that the decree has not been effectively implemented, contrary to the expectation of the decree per se due to several impeding factors including juridical and nonjuridical hindrances.

Keywords: Consumer Protection, Health Protocol, Restaurants

Published

2022-05-17

Issue

Section

Articles