KENDALA PENDAFTARAN TERHADAP HASIL KEKAYAAN ALAM KOPI ROBUSTA DAMPIT KABUPATEN MALANG SEBAGAI PRODUK POTENSI INDIKASI GEOGRAFIS (Studi di Dampit Kabupaten Malang Jawa Timur)

Authors

  • Rachmad Zidane Pratama

Abstract

Rachmad Zidane Pratama, Yuliati, Diah Pawestri Maharani

Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya

e-mail: rzidanepratama@student.ub.ac.id

 

ABSTRAK

Pada skripsi ini penulis mengangkat isu terkait kendala pendaftaran indikasi geografis pada Kopi Robusta Dampit, karena sampai saat ini Pendaftaran dari indikasi geografis dari Kopi Robusta Dampit pun masih belum juga terselesaikan. Lambatnya gerakan pemerintah Kabupaten Malang dalam mendaftarkan Kopi Robusta Dampit sebagai indikasi geografis. Selain itu, penulis juga membahas kendala-kendala apa saja yang mengakibatkan lamanya pendaftaran Kopi Robusta Dampi sebagai indikasi geografis, sehingga dapat menemukan solusi bagi pemerintah. Selain itu, mengetahui dan menganalisis mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk memperlancar proses pendaftarannya atau perlindungan terhadap Kopi Robusta Dampit. Rumusan Masalah pada skripsi ini adalah: (1) Apa kendala yang dihadapi oleh Masyarakat Dampit Kabupaten Malang dalam mendaftarkan produk Kopi Robusta Dampit sebagai produk yang dilindungi perlindungan indikasi geografis? (2)Bagaimana upaya-upaya yang dapat dilakukan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan perkebunan Kab. Malang dalam memberikan perlindungan indikasi geografis terhadap produk Kopi Robusta Dampit? enelitian yang digunakan oleh penulis yakni penelitian yuridis empiris dan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil setelah penulis melakukan penelitian yaitu, dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya ialah biaya administrasi yang mahal, tidak adanya kerjasama antara DTPHP dengan Pemerintah Daerah, stakeholder, akademis melalui Lembaga pemberdayaan Masyarakat (LPM), lembaga ahlinya dan biro hukum dalam hal pengembangan SDM. Selain itu, kurangnya pengetahuan para petani tentang apa keuntungan setelah didaftarkannya Kopi Robusta Dampit sebagai Indikasi Geografis. Jauhnya jarak pendaftaran dan lamanya proses pendaftaran menyebabkan para petani mengurungkan niatnya untuk mendaftarkan Kopi Robusta Dampit sebagai Indikasi geografis.

Kata Kunci: Kendala Pendaftaran, Indikasi Geografis, Kopi Robusta

Published

2021-11-23

How to Cite

Pratama, R. Z. (2021). KENDALA PENDAFTARAN TERHADAP HASIL KEKAYAAN ALAM KOPI ROBUSTA DAMPIT KABUPATEN MALANG SEBAGAI PRODUK POTENSI INDIKASI GEOGRAFIS (Studi di Dampit Kabupaten Malang Jawa Timur). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4495