EFEKTIFITAS PASAL 16 AYAT (2) HURUF C DAN D PERMENHUB NOMOR 12 TAHUN 2019 TERHADAP TRANSAKSI JUAL-BELI AKUN DRIVER GO-JEK (Studi Kasus pada Go-Jek Kota Malang)

Authors

  • Muhammad Nurul Asror

Abstract

M. Nurul Asror, Reka Dewantara, Diah Pawestri Maharani

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

e-mail: azorspomsbob@gmail.com

 

ABSTRAK

Akibat dari terlalu banyaknya peminat, terjadi kebiasaan di masyarakat berupa kegiatan jual beli akun driver Go-Jek. Jual beli akun driver ojek online itu disebabkan perusahaan ojek online membatasi pendaftaran driver baru. Tentunya hal tersebut telah melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan dalam menjamin kepastian hukum terhadap konsumen. Sehingga penulis memiliki rumusan masalah, yaitu mempertanyakan mengenai efektifitas penerapan Pasal 16 ayat (2) huruf c dan d Permenhub Nomor 12 Tahun 2019 oleh GOJEK Kota Malang terhadap transaksi jual-beli akun oleh driver. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan kepastian hukum dalam Pasal 16 ayat (2) huruf c dan d tidak efektif. Terdapat juga hambatan dari pelaksanaan tersebut, bahwa perilaku konsumen yang lebih memprioritaskan rasa kasihan dan sifat manusiawi terhadap driver Go-Jek. Kemudian, juga terdapat upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan Go-Jek dalam meminimalisir kasus jual-beli akun tersebut, yaitu memberi layanan bantuan kepada konsumen dan pemberian sanksi terhadap driver yang melakukan jual-beli akun tersebut.

Kata Kunci: Jual beli, Akun Driver Go-Jek, Konsumen.

 

ABSTRACT

This research departs from the rising trend of selling drivers’ Go-Jek accounts to others due to the policy limiting the number of drivers registered in Go-Jek company. This trend certainly violates the provision of the related law guaranteeing legal certainty for consumers. From this issue, this research is more focused on investigating the effectiveness of the implementation of Article 16 paragraph (2) letter c and d of Regulation of Ministry of Transportation Number 12 of 2019 by Go-Jek in Malang over the sale and purchase of drivers’ accounts. With an empirical juridical method, this research has found out that the provision of the legal certainty of Article 16 paragraph (2) letter c and d is ineffective. Several impeding factors were also found to obstruct the implementation; consumers often consider humanity, suggesting they support this trend. Sanctions can be imposed as one of the measures the Go-Jek company could take to minimize this tendency.

Keywords: Transaction, Driver’s accounts, Consumers.


Published

2021-10-12

How to Cite

Asror, M. N. (2021). EFEKTIFITAS PASAL 16 AYAT (2) HURUF C DAN D PERMENHUB NOMOR 12 TAHUN 2019 TERHADAP TRANSAKSI JUAL-BELI AKUN DRIVER GO-JEK (Studi Kasus pada Go-Jek Kota Malang). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4465

Issue

Section

Articles