PENABRAKAN DAN PENJARAHAN KAPAL COAST GUARD CHINA TERHADAP KAPAL NELAYAN VIETNAM DI ZONA EKONOMI EKSKLUSIF VIETNAM DITINJAU DARI HUKUM INTERNASIONAL

Authors

  • Darma Kusuma

Abstract

Darma Kusuma, Nurdin, Rika Kurniaty

Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono No. 169 Malang

kdarma3@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang Penabrakan dan Penjarahan Kapal Coast Guard China Terhadap Kapal Nelayan Vietnam di Zona Ekonomi Eksklusif Vietnam Ditinjau dari Hukum Internasional yang disini akan membahas terkait dengan potensi pelanggaran kedua negara terhadap hukum internasional yang berlaku beserta proses penyelesaian sengketanya. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis normatif dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan historis, dan pendekatan kasus. Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik studi dokumentasi dan studi pustaka yaitu perekaman data dilakukan dengan pencatatan, penyalinan, dan jejak analisis kejadian. Menurut International Regulations for Preventing Collision at the Sea 1972, International Convention for the Safety of Life at the Sea 1974, dan United Nations Convention on the Law of the Sea 1982, kedua negara memiliki potensi pelanggaran dalam kasus yang dibahas. Dilihat dari perspektif terjadinya penabrakan, teknis kapal, dan yurisdiksi area yang berlaku. Sedangkan untuk perihal Penyelesaian Sengketa dalam masalah ini penulis mendapat kesimpulan bahwa cara untuk menyelesaikan sengketa Internasional dapat menggunakan banyak cara, mulai dari jalur arbitrase sampai dengan pengadilan internasional, hingga cara diplomatik.

Kata kunci: Penabrakan, Penjarahan, Coast Guard, Yurisdiksi ZEE.

 

ABSTRACT

This research discusses the collision of and looting done by Chinese Cost Guard vessel towards Vietnamese Fishing Boat in Exclusive Economic Zone of Vietnam seen from the perspective of International Law specifically regarding the potential of second violation of the current international law and the resolution process. This is a normative juridical research employing statutory, historical, and case approaches. Primary, secondary, and tertiary data were analysed by observing documentation and involving literature review. Note taking, copying, and tracing analyses of events were done as part of data collection. In reference to International Regulations for Preventing Collision at the Sea 1972, International Convention for the Safety of Life at the Sea 1974, and United Nations Convention on the Law of the Sea 1982, the two states have potential of violation as in the case discussed in terms of this collision, technical factor of the vessel, and juridical area applied. Regarding the resolution to the dispute, it can be concluded that resolution to international dispute can be given in many ways ranging from arbitration, international court, to diplomatic measures.

Keywords: collision, looting, Coast Guard, Jurisdiction of Exclusive Economic Zone

Published

2021-04-13

How to Cite

Kusuma, D. (2021). PENABRAKAN DAN PENJARAHAN KAPAL COAST GUARD CHINA TERHADAP KAPAL NELAYAN VIETNAM DI ZONA EKONOMI EKSKLUSIF VIETNAM DITINJAU DARI HUKUM INTERNASIONAL. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4142

Issue

Section

Articles