DIVERSI TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (Studi Di Kejaksaan Negeri Kota Kediri)

Authors

  • Yolanda Fransisca Dewi

Abstract

Yolanda Fransisca Dewi, Nurini Aprilianda, Ardi Ferdian

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No. 169 Malang

e-mail: yolandafd@student.ub.ac.id

Abstract

This research aims to learn and analyze the diversion towards children as perpetrators of criminal acts of theft by weighting through a study conducted in Public Prosecutor's Office of Kediri City. The method that was applied in this research namely empirical legal research using sociological juridical approach. Primary data was obtained through interviews. Secondary data is obtained from literature studies, documentation studies, and internet. Furthermore, the collected data was analysed using qualitative descriptive techniques. Criminal acts of theft by weighting is a crime that does not meet the requirement in implementing diversion. However, in practice, criminal acts of theft by weighting can be attempted for diversion by public prosecutors considering some matters and to protect the victims and perpetrators. Through diversion, it can raise responsibility towards children. Furthermore, this research also can understand the legal implications given by public prosecutors towards efforts of diversion in the case of criminal acts of theft by weighting according to the authority of public prosecutors in the prosecution stage.

Keywords: Diversion, Children as Perpetrators, Theft

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis diversi terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan melakukan studi di Kejaksaan Negeri Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Data primer diperoleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh dengan cara studi kepustakaan, studi dokumentasi, penelusuran situs internet. Kemudian, data yang sudah diperoleh untuk diolah dengan teknik deskriptif kualitatif. Tindak pidana pencurian dengan pemberatan merupakan tindak pidana yang tidak memenuhi syarat untuk dilakukannya diversi. Namun dalam praktiknya, ternyata tindak pidana pencurian dengan pemberatan dapat diupayakan diversi oleh Jaksa dengan adanya beberapa pertimbangan yang digunakan oleh Jaksa dan memperhatikan aspek pemenuhan perlindungan terhadap kedua belah pihak baik korban atau pelaku. Dengan adanya upaya diversi dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab terhadap anak pelaku serta penelitian ini juga dapat mengetahui implikasi yuridis yang diberikan jaksa terhadap upaya diversi tindak pidana pencurian dengan pemberatan sesuai dengan kewenangan jaksa dalam tahap penuntutan.

 

Kata Kunci: Diversi, Tindak Pidana, Pencurian

Published

2021-03-29

How to Cite

Dewi, Y. F. (2021). DIVERSI TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (Studi Di Kejaksaan Negeri Kota Kediri). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4133

Issue

Section

Articles