TANGGUNG JAWAB HUKUM PELAKU USAHA TERHADAP PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE ATAS KEGIATAN PEMASARAN

Authors

  • Bisma Mahastra Wahyu Dewanata

Abstract

Bisma Mahastra Wahyu Dewanata, Setiawan Wicaksono, Ranitya Ganindha

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No. 169, Malang 65145, Indonesia

Telp. +62-341-553898; Fax: +62-341-566505

E-mai: bsmmahastra@gmail.com

Abstrak

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dari banyaknya penggunaan aritificial intelligence dalam dunia usaha. Adanya penggunaaan artificial intelligence tersebut pada akhirnya memberikan dampak yang besar terhadap hak-hak konsumen. Dalam penulisan skripsi ini dapat dikatakan bahwa terdapat beberapa hak yang dapat dikesampingkan oleh pelaku usaha dari adanya penggunaan artificial intelligence dalam dunia usaha, seperti hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif dan hak untuk hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa. Berdasarkan permasalahan diatas, pada akhirnya penulis menggunakan satu rumusan masalah yang digunakan sebagai batasan dalam penulisan skripsi ini. Adapun rumusan masalah yang digunakan oleh penulis adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk tanggung jawab terhadap pelaku usaha kepada konsumen akibat dari sistem artificial intelligence yang dapat merugikan hak-hak konsumen dalam kegiatan pemasaran. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis normatif. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwasannya bentuk tanggung jawab bagi pelaku usaha adalah tanggung jawab mutlak yang mengharuskan pelaku usaha untuk mengganti rugi atas kerugian konsumen yang diakibatkan oleh sistem artificial intelligence.

Kata Kunci: Artificial Intelligence, Pelaku Usaha, Pemasaran, dan Tanggung Jawab Hukum.

 

Abstract

This research title departs from the growing number of artificial intelligence users in business. This trend has contributed a huge impact on the rights of consumers. However, this thesis looks into the rights the business people usually disregard regarding the use of artificial intelligence in business, like the right to get good and proper services, the right not to be treated discriminatively, and the right to true, honest, and clear information on condition, and warranty of goods and/or services. This research is focused on the following questions: 1) what form of liability is attached to business people towards their consumers following the system of artificial intelligence that could harm the rights of consumers in marketing? This research employed normative juridical method, concluding that the form of the liability of business people is absolute and it requires them to provide redress over the loss consumers have to face as an impact of artificial intelligence.

 

Keywords: artificial intelligence, business people, marketing, and liability

Published

2021-01-28

How to Cite

Dewanata, B. M. W. (2021). TANGGUNG JAWAB HUKUM PELAKU USAHA TERHADAP PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE ATAS KEGIATAN PEMASARAN. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/4056