IMPLEMENTASI PASAL 4 HURUF (H) UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT DENGAN HAK KONSUMEN TERHADAP PEMBERIAN GANTI RUGI OLEH PELAKU USAHA DALAM TRANSAKSI BISNIS ONLINE (Studi di Wilayah Kecamatan Klojen Kota Malang)

Authors

  • Maria Angela Dinda Shintania

Abstract

Maria Angela Dinda Shintania, Ratih Dheviana Puru, Ranitya Ganindha

Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya Malang

Email :mariadinda21@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan perlindungan konsumen pasal 4 huruf (h) undang-undang nomor 8 tahun 1999 terkait pemberian ganti rugi oleh pelaku usaha terhadap konsumen dalam transaksi bisnis online, menganalisis hambatan yang ada dalam pelaksanaan tersebut dan menganalisis upaya yang dilakukan dalam menyelesaikan hambatan dari permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dan yuridis sosiologis.Teknik pengumupulan data melalui wawancara dengan beberapa narasumber yang berhubungan dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini membahas tentang pelaksanaan perlindungan konsumen yang dilihat dari fakta penerapannya dan menganalisis penerapan pasal 4 huruf (h) undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan hukum perlindungan konsumen yang dianalisa berdasarkan teori penegakan hukum menurut Lawrence M.Friedman, dan menganalisis upaya yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan ganti rugi oleh pelaku usaha terhadap konsumen dengan 2 cara  yaitu analisis upaya berdasarkan teori penegakan hukum menurut M. Lawrence Friedman dan analisis upaya menurut tanggung jawab pelaku usaha.

 

Kata Kunci : Hukum Perlindungan Konsumen, Transaksi Bisnis Online,  Ganti Rugi, Tanggung Jawab Pelaku Usaha.

 

ABSTRACT

 

This research is aimed to analyse the enforcement of consumer protection in Article 4 letter (h) of Law Number 8 of 1999 concerning compensation paid by business people to consumers over online business transaction, analyse factors impeding the enforcement, and analyse measures taken to tackle what impedes the enforcement. This research employed empirical juridical method and socio-juridical approach. The data was obtained from interview with several relevant informants. This study discusses the implementation of consumer protection seen from the facts of how it is implemented and analyses the implementation of Article 4 letter (h) of Law Number 8/1999 concerning Consumer Protection, impeding factors faced in the enforcement of law concerning consumer protection analysed based on the theory of law enforcement proposed by Lawrence M.Friedman, and analyses the measures that are taken to tackle the issue over compensation paid by the business people to the consumers in two ways: analysis of measures according to the theory of law enforcement according to M. Lawrence Friedman and analysis of measures according to the responsibilities held by business people.

 

Keywords: law regulating consumer protection, online business transaction, compensation, business people’s responsibilities

Published

2020-11-02

How to Cite

Shintania, M. A. D. (2020). IMPLEMENTASI PASAL 4 HURUF (H) UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT DENGAN HAK KONSUMEN TERHADAP PEMBERIAN GANTI RUGI OLEH PELAKU USAHA DALAM TRANSAKSI BISNIS ONLINE (Studi di Wilayah Kecamatan Klojen Kota Malang). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/3979

Issue

Section

Articles