PERTАNGGUNG JАWАBAN TERHАDАP KERUGIАN KONSUMEN АKIBАT KOSMETIK ILEGАL YАNG DIIKLАNKАN OLEH АRTIS MELАLUI MEDIА SOSIАL INSTАGRАM

Authors

  • Dyayu Melati Sukma Malau

Abstract

Dyayu Melati Sukma Malau

Fakultas Hukum universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono Nomor 169, Malang

Email : Dyayumelatism@gmail.com

 

ABSTRAK

Seiring dengan perkembangan teknologi serta informasi dan laju pertumbuhan internet yang sangat meningkat pesat, membuat internet menjadi salah satu media yang efektif bagi  pelaku usaha untuk memperkenalkan serta memperdagangkan barang atau jasa kepada konsumen. Instagram diyakini merupakan platform media social yang sangat popular sebagai sarana pemasaran dan perdagangan. .Memasarkan produk dalam Instagram dikenal dengan endorsement. Terdapat dua jenis pelaku endorsement yakni celebrity endorser dan expert endorser. Semakin maraknya endorsement yang dilakukan hanya demi mendapat pundi pundi rupiah tanpa memperhatikan kandungan dan produk yang dipasarkan, menyebabkan hal tersebut disalah gunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab dimana memperdagangkan konsmetik illegal dan menyewa jasa endorser untuk memasarkan produknya. Hal tersebut menjadi pertanyaan terkait dengan siapakah pihak yang bertanggung jawab dan bagaimana bentuk anggung jawab apabila terdapat konsumen yang dirugikan dengan adanya hal tersebut.

 

Abstract

Vast development of technology and information has triggered Internet to grow at unbelievable phase, and this growth is seen as a given opportunity for people to effectively use Internet to market their products and services to consumers. Instagram, for example, is believed to be a social media platform popular among people for marketing, which is closely related to endorsement involving both celebrity and expert endorsers. Endorsement is on the rise since several sellers have proven that this method could help them earn quick cash. However, in some cases, endorsement houses unlawful sales like illegal cosmetics marketed online by irresponsible individuals. This issue raises questions such as who should be liable for this action and what form of liability should be given when consumers have to face the loss caused?

Published

2020-10-06

Issue

Section

Articles