ANALISIS YURIDIS GUGATAN CERAI PADA PUTUSAN NOMOR 1106/Pdt.G/2011/PA.Mlg TENTANG ALASAN SUAMI SEORANG “WARIA” SEHINGGA MENYEBABKAN CEKCOK TERUS-MENERUS (ONHEELBARE TWEESPALT)

Authors

  • Tri Wahyuni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Abstract

Artikel ilmiah ini berisi pembahasan tentang analisis gugatan cerai yang diajukan pihak istri dengan alasan suami seorang “waria†yang menyebabkan cekcok terus-menerus (Onheelbare Tweespalt) menurut hukum perceraian di indonesia serta dasar dan pertimbangan Majelis Hakim dalam mengabulkan gugatan cerai tersebut. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975 dan Kompilasi Hukum Islam tentang alasan-alasan untuk melakukan perceraian sudah diatur, namun alasan perceraian karena suami seorang “waria†tidak ada rumusan yang jelas. Dengan demikian peranan Majelis Hakim sangat dibutuhkan untuk mempertimbangkan alasan perceraian dengan alasan tersebut. Karya ilmiah hukum ini menggunakan metode yuridis normatif dengan melakukan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus serta pendekatan konseptual. Jenis dan sumber bahan hukum primer dan sekunder yang diperoleh penulis selanjutnya dianalisis menggunakan metode interpretasi gramatikal yaitu pandangan hakim tentang batasan yang dimaksud waria dalam perkara tersebut, serta pertimbangan hakim memutus perkara tersebut.

Kata Kunci : Gugatan Cerai, Waria, Dasar dan Pertimbangan Hakim.

Downloads

Published

2014-03-25

How to Cite

Wahyuni, T. (2014). ANALISIS YURIDIS GUGATAN CERAI PADA PUTUSAN NOMOR 1106/Pdt.G/2011/PA.Mlg TENTANG ALASAN SUAMI SEORANG “WARIA” SEHINGGA MENYEBABKAN CEKCOK TERUS-MENERUS (ONHEELBARE TWEESPALT). Brawijaya Law Student Journal, 1(10). Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/396

Issue

Section

Articles