EFEKTIVITAS PASAL 25 AYAT (2) PERATURAN DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA NOMOR 8 TAHUN 2007 TENTANG KETERTIBAN UMUM TERKAIT PENETAPAN TEMPAT BERJUALAN BAGI PEDAGANG DI PASAR GEMBRONG CIPINANG BESAR JAKARTA TIMUR

Authors

  • Horri Bagas Dwiabristo

Abstract

Horri Bagas Dwiabristo, Lutfi Effendi, S.H., M.Hum., Amelia Ayu Paramitha, S.H., M.H.

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No.169 Malang

horri.bagas@yahoo.com

 

ABSTRAK

Pasar Gembrong adalah salah satu pasar mainan terbesar di wilayah Jakarta Timur yang menjual beraneka ragam mainan lokal maupun impor dengan harga yang murah dan berkualitas. Sehingga Pasar Gembrong dikenal oleh masyarakat sebagai "Surga Mainan". Seiring berjalannya waktu, banyak Pedagang membuka kios di luar bangunan Pasar Gembrong Cipinang Besar dan disekitar fungsi jalan serta memarkir kendaraan mereka di pinggir jalan secara tidak beraturan dan membuat kemacetan lalu lintas. Saat ini sudah ada peraturan terkait ketertiban umum untuk wilayah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yaitu Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Tepatnya pada Pasal 25 Ayat (2). Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis Efektivitas Pasal 25 Ayat (2) Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum Terkait Penetapan Tempat Berjualan Bagi Pedagang Di Pasar Gembrong Cipinang Besar Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris. Pengambilan sumber data menggunakan dua teknik yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara terhadap Kepala Pasar Gembrong dan Pedagang. Data sekunder diperoleh dari hasil penelitian orang lain, literatur hukum, situs internet dan pendapat ahli hukum. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hambatan yang dilakukan Kepala Pasar Gembrong dalam menangani pedagang yaitu kurangnya ketaatan dan kesadaran hukum pedagang, kurangnya fasilitas dan kondisi dari Pasar Gembrong. Sedangkan solusinya yaitu Memberikan penyuluhan dan sosialisasi terkait Pasal 25 Ayat (2) Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Nomor 8 Tahun 2007, Melengkapi berbagai fasilitas di Pasar Gembrong, dan Mempromosikan/memperkenalkan keberadaan Pasar Gembrong.

Kata Kunci: Efektivitas, Pedagang, Ketertiban Umum

 

ABSTRACT

Gembrong Market is one of the largest toy markets in East Jakarta that sells a variety of local and imported toys at low prices and high quality. So that the Gembrong Market is known by the people as "Toy Heaven". Over time, many traders opened kiosks outside the Cipinang Besar Gembrong Market building and around the function of the road and parked their vehicles on the side of the road irregularly and created traffic jams. At present there are regulations relating to public order for the Jakarta Special Capital Region (DKI Jakarta Province Regional Regulation Number 8 of 2007 concerning Public Order). Precisely in Article 25 Paragraph (2). This study aims to determine and analyze the Effectiveness of Article 25 Paragraph (2) of DKI Jakarta Provincial Regulation Number 8 of 2007 Concerning Public Order Regarding the Determination of Sales Points for Traders in the Cipinang Besar Gembrong Market, East Jakarta. This research uses empirical juridical methods. Retrieval of data sources using two techniques, namely primary data and secondary data. Primary data collection is done by interviewing the Head of Gembrong Market and Traders. Secondary data were obtained from the results of other people's research, legal literature, internet sites and legal expert opinions. Based on this research, it was found that the obstacles made by the Head of the Gembrong Market in dealing with traders were lack of compliance and legal awareness of traders, lack of facilities and conditions of the Gembrong Market. Whereas the solution is to provide counseling and outreach related to Article 25 Paragraph (2) of the Regional Regulation of the Jakarta Special Capital Region (DKI) Number 8 of 2007, Complementing various facilities in the Gembrong Market, and Promoting / introducing the existence of the Gembrong Market.

Keywords: Effectiveness, Traders, Public Order

Published

2020-08-04

Issue

Section

Articles