EFEKTIVITAS PASAL 9 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 101 TAHUN 2000 TENTANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN JABATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL YANG BERKAITAN DENGAN PENYELENGGARAAN DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA MALANG

Authors

  • Mitha Kurnia Ramadhan

Abstract

Mitha Kurnia Ramadhan, Lutfi Effendi, S.H., M.Hum., Amelia Ayu, S.H., M.H.

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jl. MT. Haryono No. 169, Kota Malang, 65145.

Phone  : +62341 553898, Fax : +62341 566505.

Email : mithakurniaramadhan@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai efektivitas Pasal 9 Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil berkaitan dengan penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV bagi ASN Eselon IV. Tujuan dari penyelenggaran Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, untuk mencetak ASN Eselon IV sebagai pelayan publik yang berkompetensi dengan menciptakan inovasi bagi layanan publik dalam bentuk proyek perubahan. Jenis penelitian ini menggunakan yuridis empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Dalam penelitian ini, melibatkan data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan berasal dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan studi pustaka baik menggunakan literatur maupun jurnal serta dokumen lainnya yang berkaitan dengan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV dengan data yang bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian menyatakan bahwa penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV telah sesuai SOP, namun output Diklat Kepemimpinan Tingkat IV yang berupa Proyek Perubahan belum terlaksana sebagaimana mestinya. Sehingga tujuan atas penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV yang merupakan amanat dari Pasal 9 Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil, belum tercapai.

Kata Kunci: Efektivitas, Diklat Kepemimpinan, Kompetensi, Proyek Perubahan.

 

ABSTRACT

This research discusses the effectiveness of Article 9 of Government Regulation Number 101 of 2000 concerning Education and Training for Civil Officials regarding Implementation of Leadership Training IV for echelon IV, which is aimed to make echelon IV as competent public servants by creating innovation for public services through transformation project. This research was conducted based on empirical juridical method with socio-juridical approach that involved both primary and secondary data. The primary data was obtained from observation and interview, while the latter was obtained form questionnaire and literature review from literature, journal, and other documents related to Leadership Training IV supported with descriptive-analytical data. The research result, employing 5 (five) indicators according to the theory of Soerjono Soekanto, comprising regulation, apparatus, facilities and infrastructure, implementation and condition of the society, indicates that the implementation of Leadership Training IV is performed based on Standard Operational Procedure, but the output of the program provided in the form of transformation has not been appropriately implemented. Therefore, the objective of the training program held based on the mandate of Article 9 of Government Regulation Number 101 of 2000 concerning Education and Training for Civil Officials is not reached.

Keywords: effectiveness, leadership training, competence, transformation project.

Published

2020-04-22

How to Cite

Ramadhan, M. K. (2020). EFEKTIVITAS PASAL 9 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 101 TAHUN 2000 TENTANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN JABATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL YANG BERKAITAN DENGAN PENYELENGGARAAN DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA MALANG. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/3754

Issue

Section

Articles