KEABSAHAN PERJANJIAN KREDIT ANTARA PIHAK NASABAH DAN BANK MELALUI AGEN ELEKTRONIK ARTIFICIAL INTELLIGENCE DENGAN SISTEM CHATBOT

Authors

  • Muhammad Hafidz S

Abstract

Muhammad Hafidz S, Dr. Reka Dewantara, S.H., M.H. Diah Pawestri M, SH.MH.

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jalan Mt. Haryono 169 Malang 65145, Telp. (0341)553898, Fax. (0341)566505

Email: m.hafidzz22@yahoo.co.id

 

ABSTRAK

Pada penelitian ini, Penulis mengangkat permasalahan mengenai Keabsahan Perjanjian Kredit Antara Pihak Nasabah dan Bank Melalui Agen Elektronik Artificial Intelligence dengan Sistem Chatbot. Pilihan tema tersebut dilator belakangi karena semakin berkembangnya teknologi elektronik di Indonesia pada khususnya di bidang Perbankan. Teknologi elektronik di bidang Perbankan yang diterapkan yaitu chatbot, chatbot ini menjadi sarana dan juga sebagai perwakilan bank untuk melakukan perjanjian kredit dengan nasabahnya dan membuat banyak sudut pandang tentang keabsahan perjanjian kredit yang dilakukan melalui chatbot tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut muncul masalah keabsahan perjanjian kredit melalui chatbot. Maka penelitian ini dirumuskan masalah yaitu “Bagaimana Keabsahan Perjanjian Kredit Antara Pihak Nasabah dan Bank Melalui Agen Elektronik Artificial Intelligence dengan Sistem Chatbot?†Untuk menjawab rumusan permasalahan diatas, penelitian hukum yuridis normatif ini menggunakan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan analitis, dan pendekatan perbandingan. Jenis hukum yang digunakan terbagi menjadi tiga yaitu bahan hukum premir, sekunder dan tersier. Bahan-bahan hukum yang diperoleh ditelusuri dengan cara studi kepustakaan dan mengakses internet. Kemudian bahan hukum tersebut akan di analisa menggunakan Teknik interprestasi gramtikal dan interprestasi sistematis.

Kata Kunci: Keabsahan Perjanjian Kredit, Artificial Intelligence, Chatbot

 

ABSTRACT

In this study, the author raised the issue of the validity of the Credit Agreement between the Customer and the Bank through an Artificial Intelligence Electronic Agent with the Chatbot System. The choice of the theme is behind the dilator because of the growing development of electronic technology in Indonesia in particular in the field of Banking. The electronic technology in banking that is applied, namely chatbot, chatbot is a means and also as a bank representative to enter into credit agreements with customers and make many perspectives on the validity of credit agreements made through the chatbot. Based on this background, the issue of the validity of credit agreements through chatbot arises. So this research formulated the problem "How is the Legitimacy of Credit Agreements Between Customers and Banks Through Artificial Intelligence Electronic Agents with Chatbot Systems?" . The types of law used are divided into three namely premir, secondary and tertiary legal materials. The legal materials obtained were traced through literature study and internet access. Then the legal material will be analyzed using the gramtical interpretation technique and systematic interpretation.

 

Keywords: Validity of Credit Agreement, Artificial Intelligence, Chatbot

Published

2019-12-27

How to Cite

Hafidz S, M. (2019). KEABSAHAN PERJANJIAN KREDIT ANTARA PIHAK NASABAH DAN BANK MELALUI AGEN ELEKTRONIK ARTIFICIAL INTELLIGENCE DENGAN SISTEM CHATBOT. Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/3683