PENERAPAN PASAL 170 KUHP DALAM TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ORANG YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA (Studi di Kepolisian Resort Malang Kota)

Authors

  • Fahmy Danang Permadi

Abstract

Fahmy Danang Permadi

Email : fahmydanang@yahoo.com

081343542074

 

Abstrak

Pengeroyokan merupakan perbuatan yang dilakukan oleh banyak orang yang jumlahnya terdiri dari dua orang atau lebih tanpa adanya batasan jumlah massanya. Penjelasan terkait pengeroyokan sendiri tidak dijelaskan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Dari data yang didapat terdapat beberapa kasus tindak pidana pengeroyokan di kota Malang yang cukup tinggi akan tetapi dalam penyelesaiannya mengalami pemberhentian kasus bahkan ada yang tidak terungkap. Padahal dijelaskan didalam pasal 170 KUHP bahwa setiap pelaku yang melakukan perbuatan tindak pidana pengeroyokan secara terang-terangan diancam pidana penjara paling lama 5 tahun 6 bulan. Sehingga timbul kekaburan hukum yang mengakibatkan ketidakpastian hukum karena berdampak pada hukum itu sendiri. Penelitian ini menggunaka metode Yuridis Empiris dimana membahas terkait permasalahan peraturan hukum kemudian dikaitkan dengan fakta-fakta atau fenomena-fenomena dan dikaitkan dengan suatu pembahasan pada penelitian skripsi ini mengaitkan antara peraturan hukum yang berlaku dengan keadaan yang terjadi sebenarnya. Tindak pidana pengeroyokan telah memenuhi syarat- syarat sebagai perbuatan kejahatan yang bertentangan dengan Undang–Undang.

Kata kunci : Pengeroyokan, Peraturan Hukum, Tindak Pidana

 

Abstract

Beatings are something which done by many people at least more than two person or more without limit. Explanation about beatings its self explained in book of criminal act constitution.

Data obtained from some beatings criminal act case in Malang City, there are high number of case but some of them being dismissed even not finished. Even though in article 170 KUHP explained that each perpetrators which doing beatings criminal act blatantly threatened by 5 till 6 moths imprisoned. It resulting in uncertainty of law because of that own law. Research using Yuridis Empiris method which talk about rule of law and then linked with facts or phenomena and linked with something. Discussion in this essay research hooking between rule of law which happen with real circumstances. Beatings criminal act already fulfilled requirements as cruel deeds which contradict with constitution.

Keywords : Beatings, Legal Regulations, Crime

 

Published

2018-05-31

How to Cite

Permadi, F. D. (2018). PENERAPAN PASAL 170 KUHP DALAM TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ORANG YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA (Studi di Kepolisian Resort Malang Kota). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/2912

Issue

Section

Articles