UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENYELUNDUPAN NARKOTIKA OLEH WARGA NEGARA ASING (Study Di Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali)

Authors

  • I Komang Suparta Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Abstract

Masalah penyelundupan narkotika di Negara Indonesia merupakan masalah latent karena letak geografinya yang strategis antara dua (2) benua, diapit oleh dua (2) samudra, yang terdiri dari ribuan pulau yang bertebaran di kawasan yang luasnya ribuan mil pula, penduduk yang beranekaragam kebudayaan. Maraknya tindak pidana penyelundupan narkotika di Indonesia merupakan suatu ancaman yang sangat serius dan memprihatinkan. Parahnya penyelundupan narkotika kian gencar di lakukan oleh Warga Negara Asing (WNA).Salah satu wilayah Indonesia yang menjadi sasaran penyelundupan narkotika adalah Provinsi Bali, Bali yang merupakan destinasi wisatawan dunia, menjadi incaran para gembong narkotika. Tak hanya dijadikan tempat transit, namun kini bali sudah dijadikan tempat tujuan dalam pengedaran narkotika. Hal ini dapat di buktikan dengan banyaknya kasus tindak pidana penyelundupan narkotika oleh warga negara asing (WNA) yang diungkap oleh tim interdiksi provisi bali, baik dari BNN Provinsi Bali, bea cuki maupun pihak kepolisian. Penyelundupan narkotika di Provinsi Bali tampaknya semakin canggih dan berkembang pesat. Banyak modus operandi baru dilakukan untuk menyelundupkan narkotika ke suatu wilayah di Bali.Berbagai upaya telah dilakukan secara bersama tim interdiksi provinsi bali untuk menanggulanginya namun fenomena tersebut masih terus memerlukan focus perhatian dikurangi hingga hasil mampu menekan penurunan dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika baik di tingkat global, regional, dan nasional, Hal ini juga menjadi kekhawatiran dari masyarakat karena bahayanya suatu narkotika jika sudah memasuki wilayah tersebut.

Kata Kunci: Upaya, BNN, dalam menanggulangi Penyelundupan.

Downloads

Published

2015-07-01

How to Cite

Suparta, I. K. (2015). UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENYELUNDUPAN NARKOTIKA OLEH WARGA NEGARA ASING (Study Di Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali). Brawijaya Law Student Journal. Retrieved from http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/1176

Issue

Section

Articles