Pelaksanaan Sistem Pengawasan Standart Mutu Pangan Kemasan Kripik Pisang Agung Oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Di Kabupaten Lumajang

Authors

  • Indra Bagus H. A. P Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Abstract

Jurnal ini membahas tentang pelaksanaan sistem pengawasan standart mutu pangan kemasan keripik pisang agung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Lumajang. Pilihan tema ini dilatar belakangi karenaadanya permasalahan tentang produk makanan kemasan keripik pisang agung yang tidak memenuhi standart mutu pangan kemasan yang masih beredar bebas dipasaran seluruh kabupaten Lumajang untuk diperjual belikan kepadamasyarakat. Permasalahan yang diangkat adalah Bagaimanakah pelaksanaan sistem pengawasan standart mutu pangan kemasan keripik pisang agung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Lumajang serta Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengawasan standart mutu pangan kemasan keripik pisang agung di Kabupaten Lumajang dan bagaimana solusinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian ini dilakukan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang. Sumber data diperoleh melalui wawancara maupun studi kepustakaan yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa Pelaksanaan sistem pengawasan standart mutu pangan kemasan keripik pisang agung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Lumajang dapat dilakukan dengan cara manajemen keamanan pangan dan analisis mutu. Penerapan Manajemen Mutu Terpadu. Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan sistem pengawasan adalah kurangnya pengetahuan serta ketidakpedulian produsen terhadap standart mutu pangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah serta minimnya pengetahuan yang didapat masyarakat mengenai dampak atau bahaya jika masyarakat sebagai konsumen terus mengkonsumsi makanan kemasan yang tidak sesuai dengan standart mutu keamanan pangan.Saran dari penulis adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang melakukan pembinaan secara intensif terhadap produsen keripik pisang agung mengenai standart sanitasi yang baik agar mampu menghasilkan produk keripik pisang agung yang bermutu dan berkualitas serta aman dikonsumsi.


Kata Kunci : Pengawasan Standart Mutu Pangan, Keripik Pisang Agung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang.

Downloads

Published

2013-10-31

Issue

Section

Articles